Pati – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MAN 2 Pati tahun ini sangat berbeda dengan biasanya. Hal ini ditandai dengan diberdayakannya peserta didik dalam pelaksanaan acara ini secara maksimal, mereka bebas berkreasi dan semua acara dilaksanakan oleh peserta didik MAN 2 Pati, Mulai dari petugas MC, Qori, Paduan Suara, Tahlil, Grup Burdah, dan Mauidhoh hasanah pun semuanya dari peserta didik. Hal ini disampaikan Kepala MAN 2 Pati Harir Sutarmo saat kami temui di kantor Kemenag Kab. Pati, Senin (26/11/2018).

Semua ini merupakan bentuk proses pembelajaran bagi peserta didik. Mereka diberikan kesempatan untuk belajar berorganisasi sekaligus menggelar berbagaia cara, yang suatu saat pasti berguna dalam bermasyarakat, imbuhnya.

MAN 2 Pati bersholawat dipandu oleh Habib Hasan bin Ali al Musawa, peserta didik (XII IPS 1) seorang keturunan Arab, yang dengan fasih melantunkan sholawat nabi didampingi Abid Masduki sie keagamaan MAN 2 Pati, dengan iringan grup burdah MAN 2 Pati, terang Sutarmo.

Ditambahkan Sutarmo, dari segi pelaksaan Sholawat yang biasanya digelar di halaman madrasah juga tidak seperti biasa, kali ini dilaksanakan di halaman masjid Ulil Albab MAN 2 Pati, dengan harapan semakin mempertebal kecintaan kita untuk memakmurkan masjid, tuturnya.

Dalam mauidhohnya, Joyo juga membahas tentang pentingnya memakmurkan masjid. Dengan antusiasnya Joyo Leksono (Pesertadidik XII IPS 1) memberikan ceramah materi mauled nabi, dengan sesekali diselingi sholawat oleh grup burdah MAN 2 Pati, urai Sutarmo.

Menurut Joyo, Alasan mengapa kita cinta kepada Nabi Muhammad SAW, diantaranya, karena Nabi Muhammad satu-satunya nabi yang belajarnya sampai langit lapis tujuh (Sidratul Muntaha), Beliau memiliki mu’jizat Al Qur’an, dan Beliau mempunyai syafa’at udzma (syafa’at yang paling besar) di hari akhir. Untuk itu kita harus bersholawat pada Nabi Muhammad SAW, terangnya.

Kepala MAN 2 Pati Harir Sutarmo sangat mengapresiasi langkah positif peserta didik kali ini. Ia siap memfasilitasi semua kebutuhan peserta didik untuk mendukung kegiatan- kegiatan yang akan datang. Dengan akan dibelikannya empat set seragam penari sufi, pengadaan seperangkat rebana (burdah) yang baru dan berkualitas, pengadaan mixer Yamaha 40 chanel (sound system), Keyboad Rolad BK5, dll. Tentunya dengan harapan bisa memaksimalkan prestasi peserta didik di bidang non akademik, tegasnya.

Sutarmo juga mengungkapkan keberhasilan anak didiknya sebagai Juara II film kesehatan tingkat SMA/SMK/MA yang diselenggarakan Dinkes Pemda Kab. Pati. Penyerahan piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 750.000,- secara simbolis diserahkan oleh salah satu peserta film kepada Kepala MAN 2 Pati, ujarnya.
Adapun prestasi yang telah diraih siswa-siswi MAN 2 Pati lainnya, di kejuaraan POPDA tahun 2018 adalah sebagai berikut, Juara 3 Kumite 55 Kg Putra an. Muhammad Khoirul Anam (XIIPS1),
Juara 3 Kumite 53 Kg Putri an. Nurya Hamiatul Ummah (XI IPS4) dan Yori Trian Fazri kelas X IPA 1, Juara 2 POPDA th 2018 cabang lari 100 m putri, pungkas Sutarmo mengakhiri keterangannya

Share →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *