Dalam rangka meningkatkan baca tulis Al Qur’an peserta didik di madrasah dan di sekolah umum, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) menyelenggarakan Lomba MTQ & STQ se-Kecamatan Tayu, bertempat di MAN 2 Pati, Rabu (15/8/2018)

Kepala KUA Kecamatan Tayu Ah. Rodli yang membuka kegiatan itu secara resmi mengatakan, LPTQ merupakan salah satu lembaga non formal yang ikut berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran khususnya dibidang Baca Tulis Al Qur’an. LPTQ bertujuan membentuk generasi islam agar mampu membaca dan menulis Al Qur’an dengan baik dan benar. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh LPTQ perlu adanya sarana evaluasi yang tepat yaitu Imtas. Selain itu lomba baca Al Qur’an baik tartil maupun tilawah juga merupakan sarana positif yang perlu dilaksanakan setiap tahunnya.

Menurut ketua panitia lomba M. Ridlwan menyampaikan, Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) pelajar dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran baca tulis Al Qur’an siswa/siswi sekolah, Dengan lomba MTQ diharapkan dapat memberi motivasi baik pihak sekolah maupun siswa/siswi dalam mengikuti dan mengembangkan pembelajaran baca tulis Al Qur’an, tegasnya.

Lebih lanjut Ridlwan menjelaskan, lomba ini diikuti oleh 146 peserta dengan perincian 43 peserta pada cabang Tilawatil Qur’an, 93 peserta pada cabang Tartilul Qur’an dan 10 peserta pada cabang Tahfidz Qur’an 1 Juz dan 5 Juz, jelasnya.

Sumber dana penyelenggaraan acara ini berasal dari iuran swadaya dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA sekecamatan Tayu, instansi yang terkait, dan donator, imbuhnya.

Sementara, Kepala MAN 2 Pati Sutarmo sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) atas dipilihnya MAN 2 Pati sebagai tempat penyelenggaraan lomba. Perlu diketahui MAN 2 Pati tempatnya strategis didukung lingkungan asri dan bersih sehingga representative digunakan untuk kegiatan dari berbagai instansi seperti Hari Cuci Tangan Sedunia oleh DKK Pati dan Puskesmas 1 Tayu, Senam Sehat Ibu Hamil, GERAP RATRI (gerakan rabu untuk remaja putri) minum tablet tambah darah yang di selenggarakan oleh DKK Pati dan Puskesmas 1 Tayu dan beberapa kegiatan yang sejenis, paparnya sambil mempromosikan sekolah yang dipimpinnya.

https://jateng.kemenag.go.id/warta/berita/detail/lomba-mtq-stq-pelajar-tingkatkan-baca-tulis-al-quran

Share →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *